Minggu, 16 Februari 2014

REHAT 0023 KEMUDAHAN-KEMUDAHAN DATANG BEGITU SAJA




Waktu Maz Blangkon dan Kampret jalan-jalan di Malioboro dan sampai di ujung selatannya, tepatnya depan Benteng Vandenburg, tiba-tiba Maz Blangkon kaget terhadap sosok seseorang yang baru lewat disampingnya.
Kampret                  : “Ada apa maz kok kaget?”
Maz Blangkon        : “Itu seperti teman saya dulu waktu di Jakarta, mas Wicaksono.
Kampret                  : “mas Wi – cak – so – nooo !”
Tiba-tiba saja Kampret langsung coba memanggil.Maz Blangkon khawatir kalo itu bukan Wicaksono.“Wah, kamu ini Pret, langsung tembak begitu saja!” Kata Maz Blangkon. Tapi tiba-tiba saja yang merasa dipanggil itu berhenti, dan membalikkan badan, memandang dalam-dalam maz Blangkon dan Kampret.
Wicaksono            : “Apa betul njenengan maz Blangkon?”
Maz Blangkon  : “Betul mas wicak. Alhamdulillah kita bisa ketemu lagi. Mari duduk-duduk dulu di sini”.
Wicaksono       : “Saya bersyukur sekali bisa ketemu maz Blangkon. Bagaimana kabarnya, maz?”
Maz Blangkon     : “Alhamdulillah baik-baik saja. Bagaimana kabar sebaliknya? Juga lagi acara apa di Jogja nih, kok sendirian saja? Oh ya kenalkan, ini teman karib saya pualing bagus sak RT, Kampret namanya!”.
Kampret tersenyum, dan segera bersalaman erat dengan Wicaksono. “Saya Wicaksono, mas Kampret. Senang bertemu mas Kampret”. “Sama-sama  mas Wicak”, sahut Kampret.
Wicaksono     : “Saya itu sejak tiga bulan lalu sudah bekerja selaku PNS di salah satu kantor dinas Provinsi di Jogja ini, maz. Saya tak bisa kontak maz Blangkon karena no. Hp nya ada di Hp yang hilang”.
Maz Blangkon : “Alhamdulillah. Tapi kok begitu mudah dan cepat tiba-tiba sudah dinas
                           di Jogja sini. Bukankah dulu sudah mapan kerja di swasta terkenal, di
                           Jakarta?”.
Wicaksono      : “Betul maz, semua terasa dimudahkan. Awalnya adalah pesan Bapak/Ibu
                         yang sudah makin sepuh, agar saya sebagai anak bungsu kerja saja di Solo atau Jogja agar bisa dekat dengan beliau berdua, sementara kakak-kakak semua sudah jauh-jauh”.
Maz Blangkon : “Bapak/Ibu masih di makan haji – solo?”
Wicaksono       : “Masih maz. Nah, selanjutnya dalam rangka memenuhi pesan bapak/ibu, saya lalu ikut tes CPNS di Jogja. Tapi yang sesuai dengan bidangku hanya ada 1 kursi di salah satu kantor dinas Provinsi DI Yogyakarta. Masya Allah, ada ratusan orang maz yang ingin merebut satu kursi itu. Saya pasrah dan tawakkal saja. Hasil test ternyata saya dapat ranking ke 3. Skenario Allah, Maz; tiba-tiba saja peserta yang ranking 1 mengundurkan diri, disusul kemudian yang ranking 2 juga demikian. Maka sayalah yang kemudian diterima di kantor dinas tersebut”.
Maz Blangkon    : “Luar biasa! Saya yakin sekali, ada suatu amaliyah sehingga Allah mudahkan begitu rupa!”
Wicaksono        : “Bukan maksud saya untuk cerita-cerita amalan ya maz, tapi berhubung njenenganbertanya, maka terpaksa saya ceritakan. Begini maz, saya merasa Insya Allah ada dua amaliyah yang bisa saya sebutkan :pertama,selagi bisa diterima akal sehat dan saya mampu, maka saya selalu berusaha memenuhi nasehat dan permintaan bapak/ibu. Insya Allah, bapak/ibu adalah orang yang sholeh, jadi nasehat dan permintaannya semuanya adalah baik. Kedua, saya selalu berusaha menyisihkan penghasilan saya untuk anak-anak yatim, maz. Begitu maz Blangkon!”.
 Maz Blangkon   : “Baik mas Wicak, terjawab sudah !Bapak/Ibu yang engkau mulyakan, maka bapak/ibu jadi ridlo. Ridlo orang tua akan hadirkan ridlo Allah! Dan kedua, anak-anak yatim adalah hamba-hamba kecil kinasih Allah. Siapa yang mengasihi hamba-hamba kecil itu, maka Allah akan mengasihinya pula. Alhamdulillah !”
Wicaksono        : “Ternyata kemudahan yang saya terima tidak sampai di situ maz”.
Maz Blangkon  : “Lha apalagi, mas Wicak?”
Wicaksono       : “Setelah mulai tugas di Jogja, saya kemudian kontrak rumah sederhana tipe 45 dekat kantor milik pak Ahmad Sutopo. Ternyata pak Topo ini punya putri cantik dan shalihah, sarjana pendidikan yang sudah ngajar di sekolah lanjutan.Pak Topo bilang, jika saya merasa cocok dengan putrinya, maka silahkan berjodoh dengannya.Alhamdulillah kami berdua merasa cocok.Maka kemudian rumah diminta pake saja, tidak kontrak, dan 2 bulan lagi kami menikah”.
Maz Blangkon : “Subhanallah, Allah limpahkan padamu kemudahan dan kemurahan yang besar, mas Wicak!”
Tapi tiba-tiba saja Kampret pegang tangan maz Blangkon erat-erat : “Waduh, mas Wicak iki mingin-mingini wae…, terus kapan aku iso rabi maz Blangkoooon?”
Maz Blangkon        : “Cup… Cup… Kampret, suk tanggal 33 rabi !”
Kampret                  : “ ? ? ? ? ?”

Ft :

           Njenengan (jawa halus) = anda
           Kinasih (jawa) = yang dikasihi
           Iki (jawa) = ini
           Mingin-mingini (jawa) = bikin rasa ingin yang besar 
            Iso rabi (jawa) = bisa nikah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar